Pengaruh CSR Disclosure, Firm Size, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Moderasi Perusahaan Pertambangan di BEI

  • Yulia Firda ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Adi Rizfal Efriadi ITB Ahmad Dahlan Jakarta
Keywords: CSR, Firm Size, Leverage, Company Value, Profitability

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of CSR disclosure, company size and leverage on firm value with profitability as a moderating variable. This research is a quantitative research. This study uses purposive sampling. The sample in this study consisted of 6 mining companies with an observation period of 5 years in a row from 2014 to 2018 so that the total sample was 30. Data analysis of this study used SPSS 19 with the classic assumption test, multiple regression analysis, t test, F test and moderation regression analysis. The results of this study indicate that CSR disclosure has no significant effect on firm value. Meanwhile, company size and leverage have a significant positive effect on firm value. Profitability as moderation weakens the relationship between CSR disclosure and leverage with firm value, however profitability as moderation is able to strengthen the relationship of company size to firm value.

References

Chariri, A., dan Ghozali, I., 2014. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Edisi keempat.
Ghozali, I., 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Edisi kedelapan.
Harmono. 2009. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan, Teori, Kasus dan Riset Bisnis). Jakarta: Bumi Aksara. Cetakan Pertama.
Herawati, L.N.A., 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
Kalsum, U., 2017. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Depok: Rajawali Pers.
Khoiriyah, N., 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Pemoderasi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Maulitia, E. 2018. Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Emiten LQ45 di BEI. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Octavia, I., 2012. Pengaruh Pengungkapan Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Depok: Universitas Indonesia.
Pratama, I.G.B.A., dan I Gusti, B.W. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi. Bali: Universitas Udayana.
Puspaningurm, Y. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmawati, A.D., Topowijono, Sulasmiyati, S.,. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Malang: Universitas Brawijaya.
Ramadhan, R.P. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sayekti, Y., dan Ludavicus S.W., 2007. Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan yang terdaftar di BEJ. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Setianingrum, W.A., 2015. Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Stacia, E., dan Juniarti. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Sudana, I.M. 2014. Manajemen Keuangan, Teori dan Praktik. Surabaya: Erlangga.
Untung, B. 2014. CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Widyatmoko, R., 2011. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI. Semarang: Universitas Diponegoro.
Wijayanti, A.W. 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dan Volume Perdagangan. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Published
2020-03-03
Section
Articles