PELATIHAN APLIKASI CANVA PADA SISWA SMK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN MINAT LITERASI
Abstract
Saat ini teknologi komputer sering digunakan untuk keperluan yang penting salah satunya di bidang pendidikan seperti dalam proses pembuatan dokumen, perekapan dan pengolahan data, media presentasi serta pembuatan komunikasi visual menggunakan desain. Namun masalah yang terjadi di Desa Mekarsari terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman teknologi komputer sehingga media yang ada tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan dalam peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan pelatihan Canva pada siswa SMK di Perpustakaan Sumber Ilmu, Desa Mekarsari, Rajeg. Metode yang diberikan berupa pendampingan praktek sehingga peserta pelatihan mendapat pengalaman secara langsung dalam pembuatan desain dengan mengikuti arahan dari pendamping. Tahapan pelatihan dan pendampingan meliputi: 1) Identifikasi kebutuhan perpustakaan, 2) Perancangan poster bertema literasi, 3) Evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan yaitu siswa SMK terampil dalam pembuatan desain menggunakan aplikasi Canva. Evaluasi melalui kegiatan ini peserta dapat menggunakan teknologi untuk sesuatu yang lebih produktif sehingga tidak hanya tahu penggunaan teknologi untuk hiburan saja. Pelatihan dan pendampingan ini juga dapat menumbuhkan motivasi siswa SMK Desa Mekarsari dalam membuat media komunikasi visual menggunakan Canva.
References
Alita, D., Rahmanto, Y., Putra, A. D., Suaidah, S., & Permata, P. (2022). Pelatihan Desain Grafis Pada Smks Nurul Huda Pringsewu. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 337. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2237
Budiarto, S. P. (2019). Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 308–313. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3059
Istizar, M. (2020). Komunikasi Visual dan Periklanan (Edisi 1). Penerbit Green Komunika.
Sudirman, L., Guswandi, C. P., & Disemadi, H. S. (2021). Kajian Hukum Keterkaitan Hak Cipta Dengan Penggunaan Desain Grafis Milik Orang Lain Secara Gratis Di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(3), 207–218.
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 160. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.215
Zaman, A. N., As’adi, M., Nur, I., Rizal, R., & Mahfud, H. (2020). Pemberdayaan Dan Pelatihan Desain Grafis Bisnis Kekinian Pada Desa Limo. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 6–10.