ANALISIS PERKEMBANGAN VISUAL POSTER PEMILU 2024 DI TANGERANG SELATAN

  • Lyscha Novitasari Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Banten
  • Alfin Nurrohim Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Ari Trisna Mukti Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Mutia Syarifah Roihan Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
Keywords: Visual, Poster, Pemilu 2024, Tangsel

Abstract

Menjelang kegiatan pemilu kerap muncul kampanye salah satunya adalah kampanye poster yang merupakan bentuk kampanye bentuk ' Aman'. Poster kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat pemilihan umum. Penelitian ini mencakup visual desain pada poster pemilu 2024 di Tangerang Selatan. Visual poster pemilu ini sangat dipengaruhi oleh aspek ekonomi dan keadaan politik. Poster merupakan media informasi penting yang bertujuan untuk menyampaikan pesan dengan fungsi komunikasinya yaitu sebagai pemancar identitas, ekonomi, dan ideologi yang diusung oleh calon.

References

Adityawan S., Arief, 2008, Propaganda Pemimpin Politik Indonesia: Mengupas Semiotika Orde Baru Soeharto, Pustaka LP3S Indonesia , Jakarta.
Astrid S. Susanto., 1994, Globalisasi dan Komunikasi,
Sinar Harapan, Jakarta
Jalaludin, Rakhmat, 1998, Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi), PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Kuswanto, H., 2005, Desain Poster dalam Perspektif Semiotika, Universitas Gadjah Mada Press, Daerah Istimewa Yogyakarta
Setianto , Dodi (2016). PERKEMBANGAN VISUAL POSTER PEMILU DI INDONESIA. PERKEMBANGAN VISUAL POSTER PEMILU DI
INDONESIA. https://e-
journal.trisakti.ac.id/index.php/seni/art icle/download/406/374
Sheehan Nababan , Ryan (2020). Analisis Poster Pilkada Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. ANALISIS POSTER PILKADA INDONESIA DI TENGAH PANDEMI COVID-19.
https://www.academia.edu/download/8998423 1/2983-8889-1-PB.pdf
Published
2024-06-30
Section
Articles