ANALISIS PENGGUNAAN ELEMEN VISUAL DALAM IKLAN POSTER GUDANG GARAM SURYA 12 PADA TAHUN 1990
Keywords:
Poster, Visual Elements, Gudang Garam, Surya 12
Abstract
In this journal, as researchers, we are going to analyze the meaning of the publicated posters advertisement of Gudang garam Surya 12 and observe over a visual elements that are used in their advertisements that uses a poster as their visual communication media.
References
Anitah, Smith. 2009. ,Media pembelajaran Surakarta, Yuma Presindo.
Syaodih, Nana, 2005, Metode penelitian Pendidikan, Remaja Rosda Karya. Bandung.
Findley, Paul. 1995. Mereka berani bicara Bandung, Mizan.
Lupton, E. 2010. Graphic design Theory, Yogyakarta : Andi (Penerjemah) Armstrong. Yogyakarta.
Soedarso, S. P. 1990. Tinjauan seni : Sebuah pengantar untuk apresiasi seni, Saku Dayar Sana, Yogyakarta
Pujiriyanto, 2005. Desain grafis computer, Yogyakarta, CV Andi Offset.
Sanjaya, Irwan, Komori. (2019). Penggambaran maskulinitas laki-laki dalam iklan Gudang garam Signature versi Darts. Undergraduate thesis Widya mandala Catholic University Surabaya. Diambil dari http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17006/
Ahmad, Zainudin S.Kom M.Kom, (2023, 8 Februari). Jenis-jenis Ilustrasi dalam desain grafis.Stekom.ac.id. Diambil dari https://desain-komunikasi-visual-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Jenis-Jenis-Ilustrasi-dalam-Desain-Grafis/63b2f48a65875c97de5a21bc7a6422f3b83ca625#:~:text=Sebuah%20ilustrasi%20adalah%20gambar%20yang,lebih%20mudah%20dipahami%20oleh%20pembaca
Facebook.com (2020, 1 September). Gudang garam Surya 12, 1990. Diambil dari https://www.facebook.com/iklanjadul/posts/gudang-garam-surya-12-1990/1464524963730772
Warna putih: ini makna mistik dan budaya (2023, 21 Maret). Diambil dari https://adrianreynolds-ie.translate.goog/the-colour-white/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=rq#:~:text=Historically%2C%20white%20has%20also%20been,sign%20of%20elegance%20and%20prestige.
Kamus besar Bahasa Indonesia. Diambil dari https://kbbi.web.id/poster
Syaodih, Nana, 2005, Metode penelitian Pendidikan, Remaja Rosda Karya. Bandung.
Findley, Paul. 1995. Mereka berani bicara Bandung, Mizan.
Lupton, E. 2010. Graphic design Theory, Yogyakarta : Andi (Penerjemah) Armstrong. Yogyakarta.
Soedarso, S. P. 1990. Tinjauan seni : Sebuah pengantar untuk apresiasi seni, Saku Dayar Sana, Yogyakarta
Pujiriyanto, 2005. Desain grafis computer, Yogyakarta, CV Andi Offset.
Sanjaya, Irwan, Komori. (2019). Penggambaran maskulinitas laki-laki dalam iklan Gudang garam Signature versi Darts. Undergraduate thesis Widya mandala Catholic University Surabaya. Diambil dari http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17006/
Ahmad, Zainudin S.Kom M.Kom, (2023, 8 Februari). Jenis-jenis Ilustrasi dalam desain grafis.Stekom.ac.id. Diambil dari https://desain-komunikasi-visual-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Jenis-Jenis-Ilustrasi-dalam-Desain-Grafis/63b2f48a65875c97de5a21bc7a6422f3b83ca625#:~:text=Sebuah%20ilustrasi%20adalah%20gambar%20yang,lebih%20mudah%20dipahami%20oleh%20pembaca
Facebook.com (2020, 1 September). Gudang garam Surya 12, 1990. Diambil dari https://www.facebook.com/iklanjadul/posts/gudang-garam-surya-12-1990/1464524963730772
Warna putih: ini makna mistik dan budaya (2023, 21 Maret). Diambil dari https://adrianreynolds-ie.translate.goog/the-colour-white/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=rq#:~:text=Historically%2C%20white%20has%20also%20been,sign%20of%20elegance%20and%20prestige.
Kamus besar Bahasa Indonesia. Diambil dari https://kbbi.web.id/poster