Pengembangan Kegiatan Pemasaran Usaha Rempeyek Melalui Perbaikan Media Sosial dan Kemasan Produk

  • Michelle Angelina Jonathan Universitas Prasetiya Mulya
  • Christabella Vivian Universitas Prasetiya Mulya
  • Patrick Nagamu Universitas Prasetiya Mulya
  • Samuel Andrew Putrajaya Universitas Prasetiya Mulya
  • Novira da Silva Universitas Prasetiya Mulya
Keywords: community development, desain sosial media, kemasan

Abstract

Program Community Development 2021 diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya selama bulan Februari-Juni 2021. Tujuan program ini adalah mengembangkan pelaku UMKM di desa Kuningan, Jawa Barat sebagai mitra usaha kelompok mahasiswa.  Mitra usaha tim peneliti bernama Ibu Triyani Ismaniar yang memiliki usaha makanan ringan rempeyek dengan merek usaha Siwang. Permasalahan yang dihadapi mitra usaha adalah belum maksimalnya penggunaan sosial media Instagram untuk memasarkan produk. Permasalahan terkait produksi adalah perlengkapan produksi yang sudah tidak berfungsi dengan baik dan kendala kemasan produk untuk pengiriman luar kota. Tim peneliti melakukan pendampingan secara daring karena peraturan pembatasan sosial pandemi Covid-19. Upaya pendampingan pada kegiatan pemasaran dilakukan dengan memberikan pelatihan membuat desain feeds Instagram, pembuatan akun Tokopedia, dan penggunaan aplikasi Canva untuk desain media sosial yang menarik. Upaya peningkatan kapasitas mitra pada kegiatan produksi dilakukan dengan perbaikan kemasan menggunakan kardus untuk kemasan luar kota, serta perbaikan tampilan logo dan stiker.  Kegiatan pengembangan mitra ini telah berhasil meningkatkan jumlah insight di media sosial Instagram Siwang dan pembaharuan tampilanfeeds Instagram. Hasil dari aspek produksi yaitu desain logo dan stiker baru untuk kemasan serta penggunaan boxdanbubblewrap untuk kemasan.

References

Ciremaitoday. (2020). Pelaku UMKM di Kuningan, Jabar, Berusaha Bangkit Usai Dihantam Pandemi COVID-19. Kumparan.Com. https://kumparan.com/ciremaitoday/pelaku-umkm-di-kuningan-jabar-berusaha-bangkit-usai-dihantam-pandemi-covid-19-1uTL1rnh4Yp.
Haryanti, D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid19 terhadap UMKM Pangan, Tren dan Tips untuk Bangkit | UKM Indonesia. UKM Indonesia. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/266.
Kemenkopukm. (2020). Data UKM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kemenkopukm.Go.Id. https://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm.
Kusmana. (2020). Data UMKM Kabupaten Kuningan. Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Kuningan. https://diskopdagperin.kuningankab.go.id/data-umkm-kabupaten-kuningan.
Mudjijah, S., & Anggraini, T. (2021). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596.
Purnavita, S., Sriyana, H. Y., & Widiastuti, T. (2018). Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen. E-Dimas, 9(1), 88. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2260
Published
2022-02-22
Section
Articles