Penerapan Strategi Pemasaran dan Promosi terhadap Usaha Mikro W&A Laundry Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cianjur Jawa Barat

  • Fransisca Fransisca Universitas Prasetiya Mulya
  • Yeselia Salim Universitas Prasetiya Mulya
  • Vianca Felian Kurniawan Universitas Prasetiya Mulya
  • Gracella Sulystio Universitas Prasetiya Mulya
  • Metta Jayanti Universitas Prasetiya Mulya
Keywords: Community development, Covid-19, Promosi, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia telah memberi dampak yang negatif bagi perekonomian negara, termasuk Indonesia. Salah satu sektor yang terdampak dari adanya pandemi Covid-19 ini adalah sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Program Community Development yang diadakan oleh Universitas Prasetiya Mulya merupakan Program Pengabdian kepada Masyarakat yang melibatkan mahasiswa dari berbagai jurusan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan khususnya daerah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya yang sedang terdampak Covid-19 ini. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pendampingan intensif dan tahap pendampingan lanjutan. Semua kegiatan dilakukan secara daring melalui media zoom. Salah satu pelaku usaha mikro yang berlokasi di daerah Cianjur dan termasuk usaha yang terdampak Covid-19 yaitu W&A Laundry. W&A Laundry menjadi mitra dalam kegiatan ini. W&A laundry mengalami penurunan jumlah pendapatan dan jumlah pelanggan secara drastis selama pandemi. Hasil wawancara pada tahap persiapan menunjukan bahwa mitra memerlukan strategi pemasaran dan promosi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pendapatan dan pelanggan baru. Adapun beberapa upaya yang dilakukan termasuk memperbarui media promosi, menyebarkan media promosi ke tempat yang lebih ramai dan yang belum pernah dijangkau sebelumnya, menerapkan strategi promosi yang lebih tepat sasaran, serta mendaftarkan usaha W&A laundry di Google dan Google Maps. Hasilnya, penerapan strategi pemasaran tersebut membuahkan hasil yang positif karena terbukti dapat meningkatkan jumlah pendapatan dan pelanggan baru dari usaha W&A laundry.

References

Bastiandy, B., 2020, Pemkab Cianjur Menyusun Jurus Pulihkan Ekonomi. (Online). (https://mediaindonesia.com/nusantara/337998/pemkab-cianjur-menyusun-jurus-pulihkan-ekonomi.html., diakses 1 Juni 2021).
Boon, K., 2008, Contemporary Marketing 14th. New York: South-West Cengage Learning.
Catriana, E., 2021, Kemenkop UKM Fokus Kembangkan 6 Program Ini pada 2021. (Online). (https://money.kompas.com/read/2021/01/22/073400326/kemenkop-ukm-fokus-kembangkan-6-program-ini-pada-2021, diakses 1 Juni 2021).
Kotler, P., 2000, Manajemen Pemasaran II. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, P, dan Amstrong, G, 2012, Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mullin, R, dan Cummins, J., 2008, Sales Promotion: How to Create, Implement and Integrate Campaigns that Really Works. London: Kogan Page Limited.
Nainggolan, E., 2020, UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. (Online). (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit, diakses 1 Juni 2021).
Published
2022-02-22
Section
Articles