CommunicativeCompetence Bahasa Inggris Bagi Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan (PMIK)

  • Sali Setiatin Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Wahyu Trimastuti Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Santy Christinawati Politeknik Piksi Ganesha Bandung
Keywords: Bahasa Inggris, Peningkatan, PMIK, Speaking

Abstract

Mempelajari Bahasa Inggris merupakan modal penting bagi para tenaga kesehatan terutama bagi para Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (PMIK) untuk menjawab berbagai tantangan dalam dunia profesi mereka. Peran instruktur tentunya sangat penting demi memfasilitasi mereka memperoleh keterampilan Bahasa Inggris yang memadai. Perekam Medis yang saat ini bertugas diharapkan dapat menguasai Bahasa Inggris. Mengingat cukup banyak catatan medis yang ada saat ini untuk menggunakan Bahasa Inggris, di tambah lagi permasalahan tenaga Perekam Medis mengalami kesulitan dalam berbicara Bahasa Inggris pada saat menghadapi pasien atau tamu asing yang akan melakukan tahapan pendaftaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah tercipta kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan menarik berdasarkan kemampuan para tenaga kesehatan (Perawat dan PMIK) dalam meningkatkan keterampilan berbicara (speaking) dan menulis (writing). Metode yang digunakan adalah ceramah, dan roleplay untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris. Pelaksanaan pengabdian ini lebih difokuskan pada kegiatan daring melalui zoommeeting dalam kondisi dan situasi pandemi COVID-19. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah meningkatnya keterampilan speaking, minat bagi para PMIK dalam mempelajari Bahasa Inggris serta menyadari pentingnya penguasaan Bahasa Inggris untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi mereka. Setelah pengabdian ini selesai, diharapkan para tenaga medis dapat mengaplikasikan keterampilannya dalam berkomunikasi baik dengan pasien yang berkewarganegaraan asing atau tamu dari lembaga kesehatan dunia.

References

Aljuhaish S. F. (2015). The Effectiveness of Behaviourist’s Token Economy System on Teaching English as a Second Language at Saudi Schools in Kuala Lumpur. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 2(3), 43-49.
Alice, Y. L. Lee. (2016). Media Education in the School 2.0: Teaching Media Literacy Through Laptop Computers and Ipads. Global Media and China, halaman 1-5.
Depkes RI, 2006, Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Depkes RI.
WHO. 2010. International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems, Tenth Revision, Volume 2 Instructions Manual. Geneva: World Health Organization.
Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 312 Tahun 2020 Tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.
Notoatmojo dan Sukidjo. (2014). Metode Penelitian Kesehatan. Cetakan 1. Jakarta; Renika Cipta.
Peraturan Menteri Kesehatan No. 269 Tahun 2008. Tentang Penyelenggaraan Rekam Medis.
Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 55 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Published
2022-02-22
Section
Articles