Workshop Kiat Menulis Naskah Cerita pada Film Animasi di SMKN 3 Kota Tangerang Selatan
Abstract
Menulis adalah suatu kegiatan mengungkapkan gagasan, pikiran, pengalaman dan pengetahuan ke dalam bentuk catatan dengan menggunakan aksara, lambang atau simbol yang dibuat secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Kegiatan PKM menulis cerita animasi bagi peserta didik di sekolah menjadikan hal yang sangat penting. Hal ini dapat mendukung suatu kegiatan PKM pada menulis cerita animasi di sekolah SMKN 3 Kota Tangerang Selatan. Pelaksanaan PKM menulis cerita animasi dilaksanakan secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan PKM ini berlangsung selama satu hari yang terdiri dari peserta didik di SMKN 3 Kota Tangerang Selatan. Hasil dari kegiatan PKM ini memberikan pemahaman bagi peserta didik dalam menulis cerita animasi.
References
Nur, A., Bagiya, dan Joko, P. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Fabel Menggunakan Media Film Animasi Pada Siswa Kelas VII C Smp Negeri 1 Bonorowo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 5 (No.46).
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rosidi, Imron. (2009). Menulis… Siapa Takut?. Yogyakarta: Kanisius.
Setyawan. (2013). Membangun Film Animasi Cerita Rakyat Indonesia. Akademi Komunikasi Indonesia Yogyakarta. Jurnal Profetik, Vol. 6 (No.1).
Sri, W., (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Imajinasi Menggunakan Metode Multiliterasi Menulis Imajinatif Dengan Media Film Animasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). Vol.5 (No.3).
Titik W.S. dkk. (2019). Kreatif menulis Ceita Anak. Bandung: NUANSA CENDIKIA.
Yanuarita, W., Astuti, Ali, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia. Vol.2 (No.2).
Copyright (c) 2021 Intervensi Komunitas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.