Pengaruh Diferensiasi Produk dan in Store Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pantene (Studi Pada Konsumen Milenial di Hypermart Depok)
Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini, untuk mengetahui Pengaruh Diferensiasi Produk dan In Store Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pantene (Studi Pada Konsumen Milenial Hypermart Depok). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari diferensiasi produk dan in store promotion terhadap keputusan pembelian pada konsumen milenial Hypermart Depok. Desain penelitian ini menggunakan metode asosiatif kuantitatif dalam mengetahui hubungan antar variabel bebas yang terdiri dari diferensiasi produk (X1) dan in store promotion (X2) dan variabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan nilai uji r square 0,691 > 0,67, dan nilai r square adjusted sebesar 0,685 > 0,67, sehingga mendapatkan keputusan bahwa varibel X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya pada penelitian ini pada variabel X1 mendapatkan nilai t-statistic 3,238 > 1,96, nilai p-value 0,001 < 0,05 sehingga mendapatkan keputusan bahwa adanya pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 0,364, dan pada variabel X2 mendapatkan nilai t-statistic 4,454 > 1,96, nilai p-value 0,000 < 0,05 sehingga mendapatkan keputusan bahwa adanya pengaruh signifikan variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 0,511.
Kata Kunci: diferensiasi produk, in store promotion, keputusan pembelian
References
Chin, Wynne W. 1998. The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling Modern Methods for Business Research. Houston: University of Huston.
ITB Ahmad Dahlan. 2019. Panduan Skripsi ITB Ahmad Dahlan.
Kotler dan Keller Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Edisi ke 13. Jilid I.
. Philip, dan Keller Kevin Lane, 2012. Manajemen Pemasaran J, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga. Edisi Ke 13. Jilid 2.
Kustanto, Renalize. 2013. In store Promotion dalam Meningkatkan Impulse Buying. Jurnal. Surabaya: Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala.
Purwanti, Andi Janna. 2014. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Membeli Produk Fashion Pada Toko Issue di Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.
Sangadji, E.M., dan Sopiah, 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, Sri Eno, 2017. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Calya Pada PT. Hadji Kalla Cabang Cokroaminoto Kota Makasar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sumber Dari Internet
Badan Pusat Statistik, 2021 (https://www.bps.go.id/, diakses Tanggal 17 Mei 2021)
BPS Depok, 2021. (https://depokkota.bps.go.id/publication.html, diakses Tanggal 22 Juni 2021)
Hypermart, 2021. (https://www.hypermart.co.id/promokoran/?utm_source=Liquid &utm_medium=cpc&utm_campaign=Hypermart_June&utm_term=Hypermart, diakses Tanggal 20 April 2021)
Kompas, 2021. (https://money.kompas.com/read/2021/01/22/145001126/generasi-z-dan-milenial-dominasi-jumlah-penduduk-indonesia?page=all, diakses Tanggal 16 Mei 2021)
Pantene, 2021. (https://www.pantene.co.id/id-id, diakses Tanggal 21 April 2021)
Top Brand, 2020. (https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find= pantene, diakses Tanggal 17 Mei 2021).
Copyright (c) 2022 Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.