Pengenalan Sertifikasi Produk Halal Pada Masyarakat di Kecamatan Pamijahan Bogor

  • Bayu Purnama Institut Agama Islam Sahid
  • Azizah Mursyidah Institut Agama Islam Sahid
  • Marifatul Hikmah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

Abstract

Analysis Understanding of Halal Product Certification (Case study; in Pamijahan sub-district, Bogor Regency).

Introduction of Halal Product Certification to the community inĀ  Pamijahan sub-districts. This research is motivated by halal product certification which is a very important guarantee for a product, especially for the Pamijahan community. Behavior and culture are the main aspects in this case, because the environment is a guide for humans in carrying out life, and culture affects many aspects of human life. in digesting information, especially information circulating about halal certification. Thus, the product can change the pattern of people's purchasing activities, which at first did not really care about products labeled as halal to care about the importance of the halal logo on the product. The purpose of this service is to educate the Pamijahan community, especially MSMEs. This type of service is by using qualitative research. The result of this research is that religiosity and culture affect the variable of public understanding of halal certification.

References

Agustina, & debi, m. Y. (2015). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman akutansi mahasiswa jurusan akutansi stei mikroskil medan. Wira ekonomi mikroskil, 11-19.
Buang, a. H. (2016). Halal,haram dan syubhah dalam makanan dari perspektif syariah dan undang-undang. Al-basirah, 49-61.
Djamaludin, a., & nasori, f. S. (2008). Psikologi islami. Solusi islam atas problem-problem psikologi. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Dr. R. Kusherdyana, m. (2009). Pengertian budaya, lintas budaya, dan teori yang melandasi lintas budaya. Pengertian kebudayaan, 3-63.
Febrianawati yusup. (2018). Uji validasi dan reabilitas intrumen penelitian kuantitatif. Jurnal tarbiyah kependidikan, 17-23.
Fitriani, a. (2016). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. Jurnal al-adyan, 1-29.
Handaru jati. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal pendidikan vokasi, 75-5.
Hapinita, w. (2016). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak. Jurnal cived issn, vol.5, no.1, 2302-3341.
Hidayat, a. S., & siradj, m. (2015). Sertifikasi halal dan sertifikasi non halal pada produk pangan industri. Ahkam: vol. Xv, no. 2,, 199-210.
Hidayatullah, m. S. (2020). Dan labelisasi halal pada makanan dalam perspektif hukum islam. Jurnal pemikiran hukum dan hukum islam, 251-270.
Hidayatullah, m. S. (2020). Sertifikasi dan labelisasi halal pada makanan dalam perspektif hukum islam. 251-270.
Hidayatullah, m. S. (2020). Sertifikasi dan labelisasi halal pada makanan dalam perspektif hukum islam. Jurnal pemikiran hukum dan hukum islam, 251-270.
Hidayatullah, m. S. (2020). Sertifikasi dan labelisasi halal pada makanan dalam perspektif hukum islam. Jurnal pemikiran hukum dan hukum islam, 251-270.
Huda, n. (2012). Pemahaman produsen makanan tentang sertifikasi halal. Ishraqi, vol. 10, no. 1, juni, 1-13.
Jalaludin rahmat . (2003). Psikologi agama. Jakarta: grafindo persada.
Muhammad. (2013). Metode penelitian ekonomi islam pendekatan kuantitatif. Jakarta: rajawali.
Mulyadi. (2016). Agama dan pengaruhnya dalam kehidupan. Jurnal tarbiyah al-awlad, 556-564.
Nadzir, a. I., & wulandari, n. W. (2013). Hubungan religiusitas dengan penyesuaian diri. Jurnal psikologi tabularasa, 698-707.
Nanang martono. (2012). Metode penelitian kuantitatif analisis isi dan analisis sekunder. Jakarta: rajawali pers.
Ramadhan, i. (2015). Pemahaman masyarakat pedesaan terhadap asuransi syariah (studi dan analisis pada desa dukuputang kecamatan dukuputung kabupaten cirebon). Skripsi sarjana fakultas syariah dan hukum, universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta.
Ridwan, m. (2019). Nilai filosofis halal dalam ekonomi syariah. Profit: jurnal kajian ekonomi dan perbankan, 14-29.
Rinaldi, n. A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap produk bank syariah (studi kasus mahasiswan jurusan ekonomi syariah universitas muhamadiyah malang). Fakultas ekonomi dan bisnis universitas brawijaya, 1-11.
S.nastion. (2014). Metode research. Jakarta: bumi aksara.
Sasmitho, a. M. (2013). Hubungan antara religiusitas dengan konsep diri. Yogyakarta.
Sobirin, a. (2002). Budaya: sumber kekuatan sekaligus kelemahan organisasi. Siasat bisani, 1-23.
Sugiono. (2017). Metodologi penelitian. Jakarta: gramedia.
Sugiyono, p. D. (2013). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan r&d. Bandung: alfabeta.
Suharsimi arikunto. (2010). Prosedur penelitian ; suatu pendekatan praktik. Jakarta: pt rineka cipta.
Sumarto. (2019). Budaya, pemahaman danpenerapannya "aspek religi,bahasa,pengetahuan,sosial,kesenian,dan teknologi. Literasiologi, 144-159.
Syafrida. (-). Sertifikat halal pada produk makanan dan minuman memberi perlindungan dan kepastian hukum hak-hak konsumen muslim. Sertifikat halal pada produk makanan, 160-174.
Syafrida. (2006). Sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman memberi perlindungan dan kepastian hukum hak-hak konsumen muslim. Jurnal hukum vol.7 no.2, 160-174.
Syahputra, a., & hamoraon, h. D. (2008). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan masyarakat kecamatan perbaungan dalam pembelian produk makanan dalam kemasan. Jurnal ekonomi dan keuangan vol.2 no.8, 475-487.
Syifi, dwi, i., & diah, s. (2012). Analisis regresi linier piecewise dua segmen. Gaussian, 219-228.
Trianggono, m. M. (2017). Analisis kausalitas pemahaman konsep dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah fisika. Jurnal pendidikan fisika dan keilmuan (jpfk) vol 3 no 1, 1-12.
Uhar suharsaputra. (2012). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan tindakan. Bandung: pt refika aditama.
Published
2024-02-23