Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon dan Financial Sustainability Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan emisi karbon dan keberlanjutan keuangan terhadap nilai perusahaan dengan paparan media sebagai variabel moderasi (studi pada perusahaan yang terdaftar di indeks Sri Kehati tahun 2020-2023). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keberlanjutan dan laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan yang terdaftar di indeks Sri Kehati tahun 2020-2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 18 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji analisis regresi termoderasi, uji analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan emisi karbon berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, keberlanjutan keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, paparan media memoderasi pengaruh negatif antara pengungkapan emisi karbon terhadap nilai perusahaan, paparan media memoderasi pengaruh positif antara keberlanjutan keuangan terhadap nilai perusahaan.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Adolph, R. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.
Aerts, W., & Cormier, D. (2009). Media legitimacy and corporate environmental communication. Accounting, Organizations and Society, 34(1), 1–27. https://doi.org/10.1016/j.aos.2008.02.005
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.
Ayu Laksani, S., Andesto, R., & Kirana, D. J. (2021). Carbon Emission Disclosure Ditinjau dari Nilai Perusahaan, Leverage dan Media Exposure. Studi Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 145–164. https://doi.org/10.21632/saki.3.2.145-164
Bahriansyah, R. I., & Lestari Ginting, Y. (2022). Pengungkapan Emisi Karbon Terhadap Nilai Perusahan dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 9(02), 249–260. https://doi.org/10.35838/jrap.2022.009.02.21
Chynthiawati, L., & Jonnardi, J. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 4(4), 1589–1599. https://doi.org/10.24912/jpa.v4i4.21390
Clark, G., Feiner, A., & VIehs, M. (2015). From The Sttockholder to the stakehoolder. University Oxford, Arabesque Partners, March.
Dyck, A., Volchkova, N., & Zingales, L. (2008). The Corporate Governance Role of the Media: Evidence from Russia. The Journal of Finance •, LXIII(3).
Fauziah, S., Sisdianto, E., & Eliza, A. (2022). The Effect of Intellectual Capital on Firm Value with Profitability as Intervening Variable: Study on Manufacturing Companies Registered at ISSI 2016-2020. Annual International Conference on Islamic Economics and Business, 2(1), 244–255. www.idx.co.id
Großkopf, A.-K. (2022). Essays on the Media’s Production and Dissemination Role: Evidence from Financial and Non-Financial Disclosure. http://dx.doi.org/10.53846/goediss-7954
Harun Nasution. (2020). Islam Rasional (Gagasan Dan Pemikiran). Jurnal Edukasi, Vol. 1(59), 37.
Hikmawati, F. (2020). Metodelogi Peneltian. In Proceedings of the National Academy of Sciences (Vol. 3, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
Iii, B. A. B., Pendekatan, A., & Penelitian, J. (2021). Lukman Hakim, Metodologi Penelitian (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta), hlm. 101-103. 33. 3, 33–40.
Iotti, M., & Bonazzi, G. (2023). Financial Sustainability in Agri-Food Companies: The Case of Members of the PDO Parma Ham Consortium. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 15, Issue 5). https://doi.org/10.3390/su15053947
IPCC. (2022). Sustainable Development, Poverty Eradication and Reducing Inequalities. In Global Warming of 1.5°C. https://doi.org/10.1017/9781009157940.007
Kelvin, C., Daromes, F. E., & Ng, S. (2017). Pengungkapan Emisi Karbon Sebagai Mekanisme Peningkatan. Dinamika Akuntansi, Keuangan, Dan Pebankan, 6(1), 1–18.
Kementerian LHK. (2021). Nationally Determined Contribution Republic of Indonesia. Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia, 46.
Kementrian PPN/Bappenas. (2025). Pembangunan Rendah Karbon Dalam Rpjpn 2025-2045.
Kostyuchenko, N., Smolennikov, D., & Burnakova, V. (2022). the Role of Sustainability Reporting for International Companies’ Reputation: a Case of Controversial Industries. Economic Scope, 84–88. https://doi.org/10.32782/2224-6282/181-14
Laskar, N., & Maji, S. G. (2017). Disclosure of Corporate Social Responsibility and Firm Performance: Evidence from India. Asia-Pacific Journal of Management Research and Innovation, 12(2), 145–154.
Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel moderating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Dinamik, 14(2), 90–97.
LL, P., E, V., CM, W., J, K., & RE, M. (2020). Use of secondary data analyses in research: Pros and Cons. Journal of Addiction Medicine and Therapeutic Science, 6, 058–060. https://doi.org/10.17352/2455-3484.000039
Maharani, D. A., Arofah, A. A., Fatimah, I. S., & Latifah, T. (2022). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh Sensitivitas Industri Dan Profitabiltas Terhadap Pengungkapan Emisi Karbon. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(3), 541–550. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i3.1482
Oman Rusmana1, S. M. N. P. (2020). Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Oman. 22(1), 42–52.
Pratama, R. A., & Astuti, C. D. (2024). Pengaruh Green Intellectual Capital Dan Financial Sustainability Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 7614–7629. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.9146
Pratiwi, A., Zakiyyatul Laila, K., & Anondo, D. (2022). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan di Indonesia. Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis, 2(1), 60–71. https://doi.org/10.25047/asersi.v2i1.3313
Putri, S. K., & Arieftiara, D. (2023). Carbon emission disclosure, media exposure, carbon performance, and firm characteristics: Evidence from Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(3), 335–344. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i3.2564
Renita Sari. (2025). Jurnal Keuangan dan Manajemen Terapan Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report , Kinerja Lingkungan , Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Jurnal Keuangan dan Manajemen Terapan. 6(1).
Rifzikka, S. A. (2024). Studi Analisis Tafsir Surah Ar-Rum Ayat 41 Tentang Kerusakan Lingkungan. Journal of Islamic Studies and Humanities, 9(2), 254–298. https://doi.org/10.21580/jish.v9i2.23659
Safitri, F., & Rofiuddin, M. (2021). Pengungkapan islamic social reporting yang dimoderasi komisaris independen dengan teknik moderated regression analysis. Journal of Accounting and Digital Finance, 1(2), 138–152. https://doi.org/10.53088/jadfi.v1i2.154
Setiadarma, A. (2022). Strategi Media Relations Dalam Krisis. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 130–139. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1899
Silvia Indriani, MM., A. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Nilai_Perusahaan_Melalui_Kualitas_Laba/4wtfdwaaqbaj?hl=en&gbpv=1&dq=nilai+perusahaan&printsec=frontcover
syafrida Hafni Sahir. (2022). Metodologi Penelitian.
Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, Halisa, N. N., Rusmalinda, S., Kristiana, R., Niam, M. F., Purwanti, E. W., Melinasari, S., & Kusumaningrum, R. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).
Xu, Y., & Zhang, A. (2020). Media Information, Investor Attention, Stock Price Changes and Liquidity: An Empirical Analysis Based on the Technology Enterprise Search Index. International Business & Economics Studies, 2(3), p19. https://doi.org/10.22158/ibes.v2n3p19
Copyright (c) 2025 Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.